Label

Pengikut

Total Tayangan Laman

Sabtu, 16 April 2011

Mourinho, yang Pertama Bersama Empat Klub Berbeda

Doni Wahyudi - detiksport

Jakarta - Jose Mourinho sudah lama menanggalkan julukan The Special One yang dia punya. Padahal dia kini masih istimewa, setelah menjadi pelatih pertama yang mengantar empat klub berbeda masuk semifinal Liga Champions.

Semifinal pertama Mourinho di Liga Champions tentu saja dia jalani bersama FC porto di musim 2003/2004. Saat itu Porto bermain imbang 0-0 di kandang sendiri namun kemudian menang 1-0 saat gantian melawat ke Deportivo La Coruna.

Sebagaimana sejarah kemudian tercatat, Mourinho sukses memberi klub portugal itu gelar Liga Champions usai menundukkan AS Monaco dengan 3-0 dalam laga final.

Selanjutnya bersama Chelsea Mourinho bahkan berhasil meloloskan The Blues dua kali ke semifinal yakni di musim 2005 dan 2007. Namun peruntungan Mourinho bersama 'Si Biru' tak sebaik ketika membesut Porto, dua kali dia disingkirkan Liverpool masing-masing dengan agregat 0-1 dan 1-4 (adu penalti).

Semifinal Liga Champions ketiga Mourinho dia jalani musim lalu saat membesut Inter Milan. Sebelum akhirnya mengantar Nerazzurri jadi kampiun dengan mengalahkan Bayern Munich di final, kegemilangan strategi Mourinho memberi Javier Zanetti dkk. keunggulan agregat 3-2 atas Barcelona di babak empat besar.

Dan untuk kali keempat Mourinho akan menjalani semifinal Liga Champions-nya bersama Real Madrid. Hasil tersebut dipastikan beberapa jam lalu setelah El Real menundukkan Tottenham Hotspur 1-0 (agregat 5-0). Lawan yang bakal dihadapi Mourinho di semifinal kembali Josep Guardiola bersama pasukan Katalannya.

Statistik opta mencatat kalau inilah untuk kali pertama seorang pelatih berhasil mengantar empat klub berbeda melangkah ke semifinal Liga Champions. Dan orang itu tak lain adalah Jose Mourinho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar