Label

Pengikut

Total Tayangan Laman

Sabtu, 23 Juli 2011

PUTUSKAN HARAP HANYA KEPADA ALAH SWT



                Dari Fudlail bin “Iyyadl, dari Hisyam, dari Al-Hasan (Bashory) dari S:’Imran bin Hushoin ra, berkata,, Rasuluulah SAW bersabda,,”Siapa yang memutuskan diri hanya berharap kepada Allah SWT; niscaya Allah akan mencukupinya akan segala kebutuhan hidup, diberinya rezeki dari arah yang tiada disangka, dan barang siapa yang keputusan dirinya (hanya) kepada duniawi: niscaya Allah SWT akan mewakilkannya. (dengan diberikannya kesibukan perihal duniawi saja). (Hadits.)

Ada 2 pengertian dalam hadist ini  :
1.       Jangan sampai usaha duniawi hanya diforsir untuk kepentingan  dunia saja, tanpa melibatkan adanya niat, tujuan guna bekal (amal shalih) menuju Akhirat.

2.       Ada kesamaan arti dengan doa nabi Muhammad SAW sbb,,”
“ Ya Allah, jangan Engkau jadikan aku (terlalu) mengandalkan diriku sendiri atau kepada satu diantara makhluk-Mu sekejappun.”
(H:R Al- Bazzaar dari S:Ibn ‘Umar ra. (Al-Jamiush shaghier jilid :1, hal :57)


                “Kata Al’Awaam bin Hausyab,,”Ketika kami digiring ke penjara Al-hajjaj Ibrahim At-Taimy pun ikut kena tangkap bersama kami, Lalu pinta kami,, “Berilah pesan “ untuk kami?. Jawabannya,,”Kupesankan agar kalian tetap mengingat aku di sisi Penguasa di atas penguasa yang pernah dipinta tolong oleh Nabi Yusuf As pada temannya agar kalau sudah bebas diingattkan bagi kebebasan beliau juga. (Hikmah)

Ada tiga pengertian dalam hikmah ini :
1.       Hendaknya setiap muslim saling bertolongan dalam kebaikan; baik secara langsung atau tidak. Walau berupa doa.
2.       Dalam situasi apapun hendaknya tetap percaya penuh kepada Allah SWT dan berpegang teguh pada Agama-Nya dengan pengalaman.
3.       Jangan berkecil hati, waswas, serahkan semuanya  dengan berbaik sangka  kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar